Rabu, 24 Agustus 2011

Tips Memilih Telur Ayam yang Baik

Telur ayam merupakan bahan makanan yang kaya akan nutrisi penting bagi tubuh seperti protein, vitamin, mineral, antioksidan, zat besi, vitamin B (riboflavin, asam folat, vitamin B6, vitamin B12), dan lemak baik. Namun sebagian besar orang enggan mengkonsumsi telur ayam karena dipercaya memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Anggapan ini segera terbantahkan oleh hasil riset yang dipublikasikan oleh Journal of the American College of Nutrition (2000), bahwa responden yang makan empat telur atau lebih per minggu ternyata memiliki kadar kolesterol lebih rendah dibandingkan responden yang tidak makan telur sama sekali atau makan hanya satu butir telur per minggu.

Kandungan kolesterol memang bisa ditemukan di dalam kuning telur. Namun para peneliti percaya bahwa kolin yang terdapat di dalam kuning telur mampu menurunkan kadar kolesterol yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda disarankan untuk membatasi jumlah konsumsi telur goreng karena Anda dalam waktu yang sama juga akan mengkonsumsi lemak dari minyak telur. Hindari mengkonsumsi telur yang diolah bersama dengan minyak atau mentega dalam ukuran banyak. Selain itu Anda bisa mengkonsumsi putih telurnya saja karena putih telur selain bebas lemak juga tetap kaya akan kandungna protein.

Agar Anda mendapatkan kandungan nutrisi penting yang ada dalam telur ayam, berikut ini tips untuk memilih telur yang sehat dan layak dikonsumsi:

(1) Hindari memilih telur yang kulitnya sudah retak;

(2) Kocok-kocok telur secara perlahan. Jika terdengar ada bunyi kocokan berarti telur telah termasuki udara (kadaluwarsa) sehingga jangan dipilih;

(3) Rendam telur dalam air. Jika posisi telur mengapung atau melayang, berarti telur sudah busuk. Telur yang baik akan tetap dalam po

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar