Senin, 15 Agustus 2011

Potensi dan Pangsa Pasar Usaha Ternak Ayam Kampung

Sebagai peternak dan pengusaha ternak ayam kampung ada baiknya Anda juga mempelajari potensi dan pangsa pasar ayam kampung agar lebih jeli dalam menjalani usaha ternak ayam kampung.

Hasil produksi usaha peternakan ayam kampung adalah sebagai berikut.

  1. Hasil utama dari usaha peternakan ayam kampung adalah daging ayam. Ini adalah produk utama yang merupakan sumber penghasilan usaha peternakan ayam kampung. Dalam situasi pasar stabil, hasil penjualan daging ayam dapat memberikan hasil sampai 70% dari keseluruhan penghasilan usaha ternak ayam kampung Anda.

  2. Hasil utama yang kedua adalah telur ayam kampung. Walaupun tidak terlalu banyak tapi harga telur ayam dan pasarnya relatif stabil. Biasanya dalam keadaan normal telur dapat menyumbang 10-20 % dari total penghasilan usaha ternak Anda.

  3. Limbah peternakan ayam kampung adalah kotoran ayam yang dapat diolah menjadi pupuk organik. Sumbangan dari limbah ayam kampung ini biasanya 5-8%.

  4. Anda juga dapat menyewakan kandang dan peralatan peternakan jika dirasa keadaan sulit dan hal tersebut diperlukan.


Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam pemasaran Ayam kampung, beriku dapat Anda cermati dengan baik.

  1. bila hasil penjualan (harga dikalikan jumlah barang yang akan dijual) melebihi produksi (biaya menghasilkan sejumlah barang itu. Prinsip tersebut berlaku untuk penjualan daging.

  2. Ayam kampung (daging) sebaiknya dijual per ekor, jangan Anda jual per kilo. Cara ini sebenarnya lebih menguntungkan untuk Anda. Walaupun demikian sebaiknya ayam kampung dijual bila telah mencapai umur lebih dari 8 bulan, atau yang lebih baik yaitu pada umur 12 bulan.

  3. Bila permintaan daging dan telur ayam kampung meninggi, maka pilihlah hasil yang keuntungannya terbesar dengan memakai prinsip pertama diatas. Hal ini diperlukan agar tidak terjadi kekosongan produk, misalnya menjual ayam akhirnya telur tidak dapat diproduksi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan sistem kelompok berkesinambungan, sehingga tidak sampai terjadi kekurangan produksi daging dan telur.


Kini Anda telah memahami potensi dan pangsa pasar usaha peternakan ayam kampung. Selamat beternak!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar