Selasa, 02 Agustus 2011

Desain Kandang Ayam Kampung Berdasarkan Pertambahan Umur

Selama ini peternak ayam tradisional lebih memilih pemeliharaan ayam secara ekstensif, yakni dibiarkan bebas berkeliaran di alam terbuka. Dari sisi efektifitas, model pemeliharaan seperti ini kurang menunjang produktifitas ayam. Sebab peternak sulit melakukan kontrol terhadap ayam. Khususnya dari segi asupan makanan maupun dalam menjaga kesehatan ayam. Seiring dengan perkembangan, sekarang ini peternak akhirnya mulai beralih ke model pemeliharaan secara intensif. Yakni model pemeliharaan ayam dengan menggunakan kandang. Model pemeliharaan secara intensif ternyata lebih menguntungkan karena dinilai lebih produktif sekaligus lebih efektif dalam pemeliharaan.

 

Berdasarkan usia pertumbuhan ayam, kandang ayam kampung dibagi menjadi beberapa kategori. Di antaranya: kandang untuk usia 1–20 hari, 21–40 hari, 41–60 hari, 61–90 hari, serta kandang untuk karantina.

 

(1)  Kandang untuk usia 1–20 hari. Model kandang ini lebih dikenal dengan istilah boks karena modelnya memang berbentuk kotak dan tertutup dilengkapi kaki setinggi 20-25 cm dari permukaan tanah. Kandang terbuat dari bilah bambu dengan jarak 2 cm. Bagian bawah kandang dialasi dengan kardus atau bungkus semen. Ukuran ideal kandang untuk 1m2 dihuni oleh 40-45 ekor DOC dan bisa dikurangi 5 ekor tiap minggunya. Lengkapi pula dengan lampu penghangat agar DOC tidak merasa kedinginan.

 

(2)  Kandang untuk usia 21-60 hari. Ada dua model kandang yang bisa digunakan pada usia tersebut. Yakni model boks dengan kaki seperti pada usia 1-20 hari serta model litter (tanpa kaki). Jika Anda memilih model litter, maka alas yang berupa tanah sebaiknya dicampuri dengan sekam, kapur, atau pasir. Masing-masing model tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun yang penting Anda perhatikan adalah ukuran kepadatan kandang. Kapasitas kandang idealnya untuk 1m2 adalah 30-35 ekor dan sebaiknya dikurangi 5 ekor tiap minggunya.

 

(3)  Kandang untuk usia 61-90 hari. Model kandang yang biasa dipakai pada usia ini adalah berbentuk panggung dan litter. Untuk kapasitas ideal kandang ukuran 1m2 adalah 7-10 ekor dan berkurang 1 ekor setiap minggunya. Sehingga pada hari ke-90 untuk ukuran 1m2 hanya terdapat 5-7 ekor ayam.

 

Kandang karantina. Kandang ini khusus untuk ayam yang terjangkit penyakit maupun yang luka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar