Rabu, 24 Agustus 2011

Ayam Ketawa, Ayam Kontes yang Memikat Hati

Bagi penggemar ayam kontes, nama ayam ketawa sudah sangat populer. Sesuai dengan namanya, ayam ketawa memiliki keunikan dari sisi suara kokoknya yang mirip dengan suara tertawa  manusia. Keunikan suara inilah yang dijadikan poin penilaian saat kontes ayam digelar.

Pada awalnya, ayam ketawa hanya ditemui di lingkungan kerajaan Bugis. Para bangsawan kerajaan Bugsi gemar memelihara ayam ketawa untuk merepresentasikan simbol status sosial mereka. Ayam ketawa termasuk jenis unggas langka sehingga keberadaannya dilindungi oleh pemerintah. Oleh karena itu harga jual ayam ketawa sangatlah tinggi. Pemerintah Daerah Kabupaten Sidrap, tempat asal usul ayam ketawa tersebut, sejak tahun 2005 menaruh perhatian khusus untuk upaya pelestarian ayam ketawa. Pemda setempat senantiasa memotivasi masyarakat agar melestarikan keberadaan ayam ketawa dengan menggelar sejumlah perlombaan ayam kontes, melakukan penyuluhan mengenai cara pemeliharaan dan perawatan ayam serta penyediaan vaksinasi gratis.

Jika Anda tertarik melestarikan keberadaan ayam ketawa ini, berikut ini tips untuk merawat ayam ketawa:

(1) Pakan, sebaiknya ayam ketawa diberi pakan berupa gabah. Gabah kering berfungsi untuk membersihkan lendir pada tenggorokan ayam ketawa sehingga bisa menghasilkan suara yang jernih, makin panjang, dan melengking. Pemberian gabah ini dengan cara direndam terlebih dulu dalam air selama semalaman. Baru keesokan harinya gabah tersebut bisa diberikan sebagai pakan. Untuk pakan selingan bisa diberikan campuran jahe yang sudah diiris kecil bersama kunyit kering yang dicampurkan ke dalam pakannya. Bisa pula ditambahkan cacing tanah, tomat, pisang, dan jangkrik muda. Khusus untuk anak ayam ketawa, biasanya diberikan pakan berupa jagung halus atau bisa pula dengan fur;

(2) Perawatan. Pastikan kebersihan kandang senantiasa terjaga. Oleh karena itu harus rajin disemprot dengan desinfektan. Jika ayam ketawa terkena penyakit semisal ngorok, pilek, berak kapur, berak hijau, ataupun lemas, Anda bisa memberikan tetrachlor sebanyak dua kali sehari (pagi dan sore). Jangan lupa mengkarantina ayam yang sakit sehingga tidak menular pada ayam-ayam yang masih sehat. Vaksinasi secara teratur juga bisa membuat ayam ketawa terhindar dari berbagai penyakit yang biasa menyerang pada ayam tersebut. Sekali waktu ayam ketawa dibiarkan bebas di luar kandang. Hal ini untuk menghindari ayam terkena sterss. Untuk menjaga kebersihannya, minimal dalam satu minggu sekali ayam ketawa perlu dimandikan. Setelah itu dijemur selama 1 – 2 jam di bawah sinar matahari.

1 komentar:

  1. Kalah terus ???

    lansung aja ke Bolavita
    bakalan untung lohh!
    bakalan nagih deh!

    1 user id sudah bisa main semua game di Bolavita.


    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623




    BalasHapus