Selasa, 09 Agustus 2011

Mengenal Jenis Lantai Kandang Ayam Potong

Sebelum memulai untuk membuat kandang ayam potong, ada baiknya Anda menyimak sedikit informasi tentag jenis- jenis lantai kandang ayam potong yang sesuai dengan Anda.

Pada pokoknya ada dua macam lantai yang biasa dipakai oleh para peternak di Indonesia, yaitu lantai rapat (litter) dan lantai berlubang. Lantai rapat harus kuat, tidak cepat rusak dan tidak mudah menjadi lembab. Sedangkan lantai kayu berlubang biasanya terdapat pada kandang sistem baterai, dengan bahan kayu atau bambu dan lain sebagainya.

 

Lantai rapat

Lantai rapat bisa terdiri dari lantai tanah, adukan semen, dan pasir, atau dengan bahan kayu (papan).

a)      Lantai tanah

Cara pembuatan lantai ini adalah pertama- tama menempatkan batu koral, yaitu batu-batu kecil sebagai alas lantai bawah (fondasi). Setelah lantai tersebut didasari dengan batu, barulah ditutup dengan tanah yang dipadatkan dulu sampai rata. Maka setelah lantai tadi kering, kemudian beri lapisanyang terdiri dari campuran pasir dan kapur. Dengan cara inilah lantai kandang akan memiliki fungsi penghisap yang baik.

Kelebihan lantai tanah adalah cukup ekonomis, karena tenaga dan beaya lebih rumah.

Kelemahannya bila lantai terkena tumpahan minuman akan sulit dibersihkan. Lagipula lantai akan hanya bisa dilaksanakan di daerah yang berkondisi kering. Misalnya di daerah dataran rendah, yang tak dekat dengan sumber air.

b)      Lantai semen

Lantai kandang yang terbuat dari bahan adukan semen dan pasir. Cara pembuatan lantai tersebut, pertama- tama  seperti halnya pada lantai tanah, dimana pada bagian lantai dasar harus diberikan alas/ fondasi batu dan batu bata yang disusun rapi. Kemudian dasar batu tadi dplester atau ditutup dengan adukan semen dan pasir (spesi). Sesudah itu baru diberi lapisan penutup sekam sebagai litter.

Keuntungan lantai semen adalah tahan lama dan lantai yang basah atau kotor akibat tumpahan air mudah dibersihkan.

Adapun kekurangannya adalah kurang ekonomis karena biaya pembuatan tinggi.

c)      Lantai kayu (papan)

Lantai papan biasanya terbuat dari lantai litter pada kandang bertingkat, atau sistem kandang kolong. Papan sebagai bahan utama dari lantai kandang Anda haruslah dipilih dari kayu yang kuat dan disusun rapat- rapat. Apabila bahan kayu tidak kuat maka harus sering diganti. Jelaslah hal ini tidak ekonomis dan praktis.

 

Lantai renggang dan kandang baterei

a)      Lantai renggang pada umumnya dipakai pada kandnag baterei, lantai tersebut terbuat dari bahan kayu yang ukuran reng, bilah- bilah atau kawat.

b)      Baterai (cage)

Pada umumnya ayam potong, dipiara dalam kandang sistem postal. Akan tetapi mengingat usaha ayam potong semakin pesat akhir- akhir ini, maka perlu pemikiran baru ke arah yang lebih intensif.

Apalagi ayam potong banyak diusahakan di kota- kota dan sekitarnya. Pemilihan kandang cage (baterai) dapat digunakan sebagai solusi dari sempitnya lahan untuk peternakan.

1 komentar:

  1. Mengatur arsitektur rumah tidak lepas dalam mengatur ketinggian plafon. Tinggi rendahnya plafon dapat ditentukan dengan memperhatikan kondisi sekeliling seperti iklim, proporsi ruang, sirkulasi udara dan pencahayaan.

    BalasHapus