Senin, 15 Agustus 2011

Cara Beternak Ayam: Persiapan Pembesaran Ayam Kampung

Ada tiga hal yang sangat berhubungan dengan keberhasilan pemeliharaan ayam kampung, yaitu pemilihan bibit, pakan yang sesuai, sistem manajemen dan pengelolaan ayam kampung yang tepat. Tanpa diberi pakan yang baik maka ayam yang dipelihara walaupun mutu tinggi tidak akan menghasilkan ayam yang bagus. Begitu pula sebaliknya.

Bibit berkualitas didapatkan dengan cara pemuliaan yang baik dan terarah. Sebaiknya peternak mencari tahu dulu, perusahaan apa yang menyediaakan bibit unggul. Perusahaan tersebut setidaknya telah berpengalaman dalam melakukan pembibitan.

Kandang juga menjadi hal yang juga perlu di perhatikan. Dalam tata laksana pemeliharaan ayam kampung, kandang berfungsi sebagai rumah ayam, tempat ayam beraktifitas, dan berlindung. Kandang yang baik tidak akan membuat ayam cepat stres. Ayam kampung yang stres dapat menyebabkan penyakit.

Beberapa poin dibawah ini adalah hal- hal yang perlu dipersiapkan dalam beternak ayam kampung cara intensif serta telah memasuki masa persiapan pembesaran.

  1. Persiapan bibit.


Selain dengan membeli bibit ayam kampung melalui perusahaan, membibit ayam kampung sendiri juga dapat dilakukan walaupun waktunya agak lama.

  1. Kandang


Terdiri dari kandang pada fase indukan dan kandang setelah indukan.

a)      Kandang fase indukan

Kandang pada sfase indukan menggunakan induk buatan (brooder). Brooder terdirir atas sumber pemanas berupa gasolec atau lampu, tudung kanopi dan lembar seng dengan ketinggian 70-80 cm. Brooder berfungsi sebagai penghangat bagi ayam.

Pembatas sebaiknya berbentik lingkaran dengan maksud supaya anak ayam dapat menyebar merata. Bentuk lain seperti persegi panjang atau bujur sangkar memungkinkan anak ayam terpusat pada satu atau lebih pojok atausudut.

b)      Kandang setelah indukan

Ada beberapa macam kandang setelah indukan sampai panen bermacam- macam, ada kandang ren, postal, battery, dan panggung.

Secara umum, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kandang adalah sebagai berikut.

n  Mendapat cukup sinar matahari agar kesehatan ayam terjaga.

n  Lebar kandang 4-8 meter dan panjang maksimum 72 meter dengan jarak perkandnag 1,5 kali lebar kandang. Jika lebar lebih dari 8 meter, akan meyebabkan sirkulasi menjadi tidak baik.

n  Atap kandang dianjurkan untuk menggunakan monitor, yaitu atap yang terdiri dari dua sisi lubang pada bagian puncak ventilasi. Juga disarankan untuk memakai genteng karena kestabilan suhu ruang yang didapat dengan pemakaian atap genteng.

n  Bahan baku kandang dibuat dari bambu atau ddikombinasi dengan kawat, atau ergantung dari kebutuhan Anda.

c)      Persiapan Kandang

Tujuan dari persiapan kandang adalah mempersiapkan kandang dan segala peralatananya agar dapat digunakan untuk memelihara ayam dari DOC sampai masa panen. Persiapan kandang meliputi pencucian kandang dan penyusunan peralatan dari periode indukan sampai panen nanti.

2 komentar:

  1. Kalah terus ???

    lansung aja ke Bolavita
    bakalan untung lohh!
    bakalan nagih deh!

    1 user id sudah bisa main semua game di Bolavita.


    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623




    BalasHapus