Senin, 15 Agustus 2011

Pemeliharaan Ayam Potong (Broiler) Pada Masa Starter

Program pemeliharaan ayam potong (broiler) adalah bagian terpenting dalam tata cara beternak ayam potong. Program pemeliharaan ayam potong itu dilakukan semenjak DOC (anak ayam) tiba di peternakan sampai dipasarkan. Untuk mempermudah pemeliharaan ayam potong, maka program pemeliharaan perlu dilakukan sesuai dengan fase hidup mereka, yaitu:

1.      Fase starter, umur 0-4 minggu.

2.      Fase finisher , umur 5 minggu sampai dipasarkan.

 

Pemeliharaan Fase Awal Pertumbuhan Ayam potong (Fase Starter)

Beberapa kegagalan pada fase starter adalah akibat dari kedinginan, kesalahan dalam pemberian makanan, kapasitas berkelebihan, perencanaan yang kurang matang. Kesemuanya ini akan menimbulkan efek negative,  yaitu kepekaan terhadap gangguan penyakit yang sulit diatasi, kelambatan pertumbuhan, dan lain- lain.

Oleh karena itu diperlukan persiapan yang matang dalam fase awal ini, dengan suatu persiapan, pengaturan dalam pemberian makanan secara tepat dan melakukan pencegahan penyakit

  • Persiapan Menjelang DOC Datang


Menjelang DOC tiba dipertenakan, maka semua peralatan yang sekiranya digunakan dalam proses pemeliharaan sudah disiapkan dan dalam keadaan steril sekaligus bersih. Persiapan meliputi penyediaan kandang, litter, dan sumber panas.

DOC harus diperlakukan secara halus agar tidak stress. Sebaiknya pemanas dicoba dinyalakan terlebih dahulu selama enam jam sebelumDOC datang dan suhu harus diatur stabil dengar mengukur suhu di sekitar brooder dengan thermometer. Selanjutnya DOC baru dimasukkan kandnag. Jika Anda ingin mengetahui apakah suhunya pas, maka Anda dapat melihat dari berkumpulnya DOC.

  • Cara Pemberian Minum yang Pertama


Pemberian minum diberikan kepada DOC yang baru saja tiba. Setelah DOC beristirahat, kurang lebih setelah 2-3 jam pertama. Berikan air gula dan obat anti stress karena DOC rentan terkena stress begitu tiba di peternakan. Campuran air gula tersebut sekitar 5-8%. Setelah air gula habis baru kemudian diberi multivitamin, antibiotika di dalam air minum. Hal ini dilakukan jika dipandang perlu.

  • Cara Pemberian Makan yang Pertama


Beri makan anak ayam setelah beristrahat dan dengan tahapan yang benar. Pada 3 hari pertama sebaiknya makanan ditebarkan diatas Koran, di dekat sumber pemanas. Setelah tiga hari kemudian letakkan makanan diatas nampan kecil (feed try). Ketika anak ayam berumur 10-12 hari tempat makanan yang hanya berupa nampan. Harus diganti dengan wadah yang bentuknya panjang bulat. Ransum makanan yang diberikan pada DOC yaitu dengan kadar pprotein 23% dan metabolism energy= 2800- 3000 kcal.

Cara pemberian makanan selanjutnya dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara full feeding, yakni ternak ayam diberi makan tanpa suatu batasan tertentu hingga mereka dapat makanan yang sebanyak- banyanya. Yang kedua adalah secara terbatas, yaitu pemberian makanan sesuai dengan dosis dan aturan dari masing- masing farm yang membibit anak ayam potong.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar