Selasa, 02 Agustus 2011

Desain Gambar Kandang Ayam Sederhana

Untuk membuat kandang ayam, faktor kenyamanan ayam menjadi prioritas yang harus diperhatikan. Keberadaan kandang memang memegang peranan penting dalam usaha ternak ayam karena kualitas kandang sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas hasil panen ternak itu sendiri. Desain kandang sebenarnya sangat beraneka ragam. Mulai dari tipe kandang sederhana hingga tipe kandang modern.  Mengenai jenis kandang apa yang ingin Anda buat, semuanya tergantung pada kebutuhan dan kapasitas ayam yang akan Anda ternakkan.

Jika Anda ingin membuat kandang ayam sendiri, Anda bisa memulainya dari desain gambar kandang ayam sederhana untuk bibit ayam/Day Old Chicken (DOC/anakan ayam) berikut bisa dijadikan acuan:

[caption id="attachment_99" align="aligncenter" width="656" caption="kandang ayam"]kandang ayam[/caption]

Keterangan gambar:

(1)   Kandang dibagi menjadi dua bagian. Bagian 1a terbuat dari papan, digunakan untuk menempatkan DOC pada waktu malam sehingga ayam tidak merasa terlalu kedinginan karena berada dalam kandang yang tertutup. Bagian 1b terbuat dari ram kawat, digunakan untuk menempatkan DOC pada waktu siang hari sehingga ayam tidak merasa terlalu kepanasan karena banyak lubang ventilasi. Selain itu DOC bisa mendapatkan sinar matahari dengan mudah karena hal ini sangat berperan dalam membantu proses tumbuh kembangnya dengan optimal.

(2)   Sket pemisah. Sebaiknya dibuat dari tripleks. Yang penting bisa dibuka tutup dengan cara menariknya.

(3)   Lubang ventilasi untuk membantu mengatur sirkulasi udara

Masa penempatan DOC pada kandang tersebut tidaklah terlalu lama. Cukup hingga usianya mencapai dua minggu saja. Meskipun demikian, pemeliharaan secara intensif ini akan lebih efektif bila dibandingkan DOC diasuh indukannya secara bebas di alam terbuka. Dengan menempatkan DOC pada kandang, Anda akan mudah melakukan pengawasan. Baik terhadap pakan dan minum yang diasupnya maupun kesehatan DOC serta lingkungannya. Selama DOC ditempatkan dalam kandang tersebut, sebaiknya Anda sekali waktu juga perlu menjemurnya. Hal ini bisa dilakukan ketika DOC mulai berumur tiga hari.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kandang. Anda bisa membersihkan kandang secara bergantian. Jika bagian kandang yang ada papan penutupnya yang dibersihkan, maka DOC bisa dipindahkan ke bagian kandang yang terbuat dari ram kawat. Anda tinggal menarik sket pemisahnya saja. Khusus pada malam hari, jika DOC masih merasa kedinginan, Anda bisa menambahkan lampu tempel di dalamnya. Yang penting buatkan dudukan sehingga posisi lampu tempel kuat dan tidak mudah goyah. Lampu tempel sebaiknya disimpan pada bagian kandang sebelah tengah. Dan pastikan cerobong lampu tempel terhubung dengan lubang  ventilasi (3) sehingga asap bisa dikeluarkan melalui ventilasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar