Senin, 26 September 2011

Tips Memelihara Anak Ayam Kampung

Bukan rahasia lagi jika bisnis ayam kampung menjanjikan keuntungan yang cukup menggiurkan. Apabila Anda juga tertarik untuk mencoba peruntungan bisnis beternak ayam kampung, berikut ini akan dipaparkan tips memelihara anak ayam kampung:

(1)   Persiapan. Persiapkan induk betina dan pejantan yang sehat. Cirinya antara lain: usianya masih muda, badannya montok, warna bulunya mengkilap, kondisi badannya bersih. Setelah terjadi proses perkawinan dan anak ayam menetas, ada dua pola pemeliharaan yang bisa Anda pilih. Pertama, anak ayam diasuk sendiri oleh induknya di alam terbuka. Kedua, anak ayam dipisahkan dari induknya dan dirawat khusus. Dengan cara ini Anda bisa lekas memanen hasilnya karena induk ayam tidak perlu mengasuh anaknya hingga berbulan-bulan sehingga ia bisa kembali bereproduksi. Oleh karena itu cara yang kedua ini sangat dianjurkan.

(2)  Kandang. Setelah usia 4 – 6 hari, anak ayam bisa Anda pisahkan dari induknya. Pindahkan anak ayam tersebut ke dalam kandang secara hati-hati. Anda bisa membuatkan kandang dari kotak kayu dengan ukuran + 1 m2 untuk 10 ekor anak ayam. Perhatikan sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik dan pastikan kandang selalu dalam kondisi bersih serta kering. Lubang sirkulasi udara tidak perlu terlalu besar karena bisa menyebabkan hewan pemangsa masuk ke dalam kandang dan memakan anak ayam. Untuk alas kandang bisa Anda kasih kulit padi maupun serutan kayu halus. Jangan lupa lengkapi dengan lampu penghangat (40 – 60 watt) sehingga anak ayam tidak mati kedinginan pada malam hari.

Pakan. Ketersediaan pakan harus senantiasa terjamin hingga anak ayam berusia 1 – 2 bulan. Untuk mempermudah, Anda bisa membeli pakan ayam di toko pakan unggas. Pilihlah jenis voor, yakni pakan khusus untuk anak ayam. Agar anak ayam bisa makan dengan nyaman dan tanpa berebut, sebaiknya Anda sediakan pakan dalam beberapa wadah. Siapkan pula air minumnya. Anak ayam tidak akan menciak keras jika mereka telah merasa nyaman. Oleh karena itu selalu pastikan kondisi sirkulasi udara selalu berjalan baik, demikian pula kebersihan kandang, tingkat kelembapan, maupun suhunya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar