Rabu, 21 September 2011

Ayam Ketawa, Ayam Kontes yang Menggiurkan

Bagi penggemar ayam kontes, nama ayam ketawa pasti sudah tidak asing lagi. Ayam jenis ini tergolong langka dan termasuk jenis unggas yang dilindungi. Tidak mengherankan jika harga jualnya pun sangat tinggi. Sesuai namanya, ayam ketawa memang memiliki kokok suara sebagaimana tertawanya manusia. Keunikan dari sisi suara inilah yang akhirnya dijadikan  poin penilaian saat kontes ayam digelar.

Ayam ketawa berasal dari daerah Sidrap, Sulawesi Selatan. Dari sisi perawakan, warna bulu, maupun karakternya, ayam ketawa memiliki ciri-ciri sebagaimana ayam Indonesia pada umumnya. Adapun ciri khasnya terletak pada kokok suaranya. Di daerah asalnya, kontes ayam ketawa sangat diminati oleh masyarakat. Bahkan bisa diikuti hingga 800 peserta. Proses penjuriannya sebagaimana pada kontes burung perkutut. Hanya saja pada kontes ayam ketawa tidak perlu menggunakan kurungan. Dan sebagai gantinya, digunakan sebatang kayu atau bambu sebagai tempat berdirinya ayam. Ayam ketawa yang telah memenangkan kontes, harga jualnya bisa menembus angka Rp. 50 juta.

Jika Anda berminat memelihara ayam ketawa, tips berikut ini bisa Anda pertimbangkan:

(1) Pastikan lingkungan dan kandang ayam selalu terjaga kebersihannya. Jangan lupa untuk menyemprotkan desinfektan secara rutin; (2) Pakan selingan yang bisa diberikan berupa irisan jahe dan kunyit yang sudah dikeringkan dan dicampurkan ke dalam pakannya. Bisa pula dengan menambahkan tomat, pisang, jangkrik muda, kecambah, dan cacing tanah;

(3) Jika ayam terkena penyakit seperti virus ngorok, pilek, berak kapur, hijau, dan lemas, Anda bisa memberikan tetrachlor ataupun suntikan sesuai dengan jenis penyakitnya. Ayam yang sakit harus segera dikarantina. Jangan lupa untuk memberikan suntikan anti virus secara rutin;

(4) Sekali waktu biarkan ayam ketawa menghirup udara bebas di luar kandang;

(5) Jenis pakan yang digunakan sebagaimana jenis pakan untuk ayam bekisar maupun ayam biasa;

(6) Jangan lupa menjalin kedekatan dengan ayam sehingga ayam pun akan semakin dekat dengan tuannya.

Selama ini ternak ayam ketawa memang masih jarang dilakukan. Padahal cara pengembangbiakannya sebenarnya sangatlah mudah. Demikian pula dalam hal perawatan dan pemberian pakannya, sebagaimana pada ayam biasa. Jika Anda berminat, beternak ayam ketawa bisa membuka peluang bisnis yang sangat menggiurkan mengingat harga jualnya yang sangat fantastis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar