Sabtu, 17 September 2011

Ayam Bangkok, Ayam Petarung yang Banyak Diminati

Bagi penggemar aduan ayam, nama ayam Bangkok pastilah sudah tidak asing lagi terdengar. Ayam Bangkok lebih populer dibandingkan jenis ayam petarung lainnya karena dinilai sangat cerdas di arena laga.

 

Sesuai namanya, ayam Bangkok memang berasal dari Thailand. Dan sebagai ayam petarung, ayam Bangkok memiliki beberapa ciri-ciri khusus. Di antaranya memiliki daya tahan yang kuat terhadap pukulan, memiliki kemampuan pukulan yang keras, daya dorongnya kuat, lincah dan gesit saat bertarung, kepalanya tegak ke atas dan siap mematuk lawan saat di arena laga. Ayam Bangkok juga memiliki sisik kaki yang kering dan keras sehingga membuatnya kuat bertarung dan tidak mudah merasa sakit. Selain itu, jari kakinya yang kecil dan panjang membuat pukulannya sangat menyakitkan lawan.

 

Saat bertarung ayam Bangkok memiliki keahlian dalam merapatkan kepak sayapnya ke badan sehingga membuat kepala lawan sulit untuk masuk ke sela-sela sayapnya. Akibatnya, pukulan lawan sulit bersarang di kepak sayapnya.

 

Sejumlah ciri-ciri fisik lain yang dimiliki ayam Bangkok yang berkualitas yakni kepalanya berbentuk buah pinang, paruhnya panjang dan tebal, lehernya lurus dan tebal, badannya panjang, dadanya bidang, bahunya berbentuk kuncup, sayapnya rapat dan panjang, memiliki pangkal ekor yang tebal (besar) dan kaku, pahanya berbentuk bulat pipih, ekornya lebat dan sampai menyentuh tanah, lututnya mampu menekuk, jarinya panjang dan halus.

 

Jika kriteria tersebut dimiliki oleh ayam Bangkok bisa dipastikan pukulannya akan keras dan lincah di arena laga. Selain itu, ayam tersebut juga tahan terhadap pukulan lawan

Bila Anda berminat beternak ayam Bangkok, beberapa hal berikut ini hendaknya Anda pertimbangkan dengan cermat:

(1) Bibit. Carilah bibit yang berasal dari induk berkualitas sehingga bisa menghasilkan keturunan ayam petarung yang berkualitas pula;

(2)  Pakan. Pemberian pakan harus diperhatikan dengan cermat. Pilihlah pakan yang baik sehingga bisa menjaga stamina ayam, khususnya ketika ayam sedang bertarung di arena laga;

(3) Pemeliharaan. Optimalkan dalam hal pemeliharaannya sehingga bisa dipastikan ayam Bangkok terawat dengan baik dan kondisinya selalu dalam keadaan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar