Rabu, 21 September 2011

Daging Ayam Import Meresahkan Masyarakat

Merebaknya daging ayam import ilegal dari Malaysia dan Singapura cukup meresahkan masyarakat. Selain diragukan kehalalannya, daging ayam tersebut juga ditengarai tidak terjamin kesehatannya. Bahkan temuan di sejumlah daerah telah menunjukkan bahwa daging ayam itu telah kadaluwarsa. Walhasil, masyarakat akhirnya khawatir keberadaan daging-daging tersebut mengandung penyakit yang membahayakan kesehatan.

Jumlah daging ayam import ilegal yang beredar di pasaran memang tidak seberapa jika dibandingkan dengan total produksi ayam lokal. Hanya saja jika dibiarkan lolos begitu saja, keberadaannya jelas akan mengganggu para peternak lokal. Apalagi lobi-lobi para importir ditengarai jauh lebih kuat dibandingkan para peternak lokal.

Bagi masyarakat yang ingin membeli ayam hendaknya semakin meningkatkan kewaspadaan. Setidaknya mereka harus mengenali ciri-ciri daging ayam yang sehat. Di antaranya warna dagingnya biasanya berwarna pink cerah. Namun ada juga yang berwarna putih. Hal ini disebabkan oleh proses perendaman dalam air es yang terlalu lama. Selama warna putih tersebut masih mengandung unsur pink, bisa dipastikan kondisi daging ayam masih sehat.

Jika Anda membeli daging ayam di pasar tradisional sebenarnya itu jauh lebih menguntungkan. Sebaiknya Anda membeli daging ayam yang banyak dihinggapi lalat. Ini sebagai indikasi bahwa daging ayam tersebut tidak mengandung zat pengawet berbahaya dan menunjukkan bahwa kondisi daging masih segar. Biasanya lalat tidak tertarik pada daging ayam yang berpengawet.

Perhatikan juga aroma daging. Bila Anda mencium aroma yang tidak wajar, maka berhati-hatilah. Begitu pula dengan teksturnya. Apabila daging dipencet dan kemudian kembali ke bentuk semula saat dilepaskan, berarti daging tersebut masih sehat. Pastikan pula tidak terdapat bercak darah atau bagian yang memar pada seluruh permukaan daging ayam.

Sebaliknya, ciri-ciri daging ayam yang tidak sehat antara lain pada ujung sayap terbentuk warna yang gelap; adanya bagian tubuh yang tergores, memar atau berwarna kebiru-biruan; lengket pada bagian atas ekor, pertautan antara kaki dengan tubuh, dan pada bagian bawah sayap; adanya bagian tulang yang patah. Jika Anda menemukan tanda-tanda ini, maka waspadalah. Kondisi daging ayam tersebut bisa dipastikan sudah tidak layak lagi dikonsumsi.

1 komentar: