Senin, 19 September 2011

Mengintip Peluang Bisnis Telur Ayam Pindang

Mungkin Anda merasa asing mendengar istilah telur ayam pindang karena selama ini pemindangan umumnya dilakukan pada ikan. Proses pemindangan sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan bahan baku telur, yakni proses pengolahan dengan mengkombinasikan antara perebusan dan penggaraman. Pemindangan merupakan salah satu cara untuk mengawetkan telur secara utuh dengan kulitnya. Jadi pemindangan bisa menjadi alternatif pengawetan telur selain telur asin.

 

Pada pemindangan telur terjadi proses penyamakan yang menggunakan bahan-bahan seperti kulit bawang merah, daun jambu biji, dan air teh. Dengan proses pemindangan ini, telur akan menjadi lebih awet bila dibandingkan dengan merebusnya di air biasa. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, berikut ini cara praktis membuat telur ayam pindang:

Pertama, bahan yang dibutuhkan untuk membuat telur pindang antara lain: 30 butir telur ayam negeri (bisa juga menggunakan telur bebek), 100 gram daun jambu biji/serabut kelapa, 200 gram garam, 1 liter air, daun salam. Kedua, alat  yang diperlukan berupa panci dan kompor. Ketiga, proses pembuatan:

(1) Cuci telur hingga bersih;

(2) Buat larutan garam dengan komposisi 60-100 gram garam dilarutkan dalam 1 liter air;

(3) Rebus telur dalam larutan garam lalu masukkan daun jambu biji/serabut kelapa dan daun salam;

(4) Retakkan kulit telur dengan cara dipukul-pukul jika telur sudah setengah matang (sekitar 10 menit perebusan);

(5) Lanjutkan proses perebusan sampai kulit telur berwarna coklat kehitaman;

(6) Dinginkan.

Bila Anda ingin mendapatkan cita rasa yang enak pada telur pindang tersebut maka Anda bisa menambahkan bumbu rempah saat perebusan, yakni lengkuas serta daun salam. Lama perebusan yakni hingga telur tiga per empat matang. Lalu angkat telur dari air perebusan dan masukkan kembali ke dalam air perebusan. Setelah itu rebus telur hingga matang dan bumbu meresap. Kemudian angkat dan tiriskan.

Jika Anda merasa bosan dengan olahan telur berupa telur asin, tidak ada salahnya mencoba telur ayam pindang sebagai alternatif bisnis telur ayam yang bisa Anda kembangkan. Apalagi telur ayam sangat diminati banyak kalangan karena dikenal kaya akan kandungan proteinnya serta memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar