Senin, 03 Oktober 2011

Pemeliharaan Ayam Potong (Broiler) Pada Masa Finisher

Ketika ayam sudah mencapai umur 5 minggu, maka ayam potong sudah menginjak masa (akhir) finisher. Ransum makanan yang diberikan pun harus berubah pula, baik dari segi bentuk maupun kandungan vitamin yang ada di dalamnya. Sebab pada fase starter makanan yang diberikan kepada ayam porong adalah berbentuk butiran dan butiran pecah (crumble) tetapi fase kedua (finiseher) maka ransum yang dikonsumsi berbentuk biasa dengan kandungan gizi protein 26 % dan energy 300- 3200 kcal. Perubahan makanan dilakukan secara bertahap pada minggu ke lima, makanan ransum yang dikonsumsi sudah mencapai ransum yang diinginkan.

       Pelaksanaan dalam Pergantian Makanan Pada Ayam Potong

Ketika ayam memasuki umur 4 minggu, maka setiap hari pada minggu ke empat ransum makanan hari pertama diganti dengan ransum finisher sebanyak 15%. Jadi pada minggu ke empat pemberian ransum terdiri dari 15 % ransum finisher dan 85 % ransum starter. Hari kedua minggu keempat maka ransum makanan terdiri dari campuran ransum makanan fase finisher sebesar 30 % dan 70 % ransum starter. Hari ketiga minggu ke empat, ransum terdiri dari campuran 45 % makanan finisher dan 55 % makanan starter dan seterusnya. Pada saat itu besarnya makanan perlu disesuaikan secara bertahap. Jika pemberian ransum merata maka dapat dihindarkan ketidaseragaman dalam pertumbuhan. Usahakan agar memberikan makanan pada ayam potong pagi- pagi sekali karena hal ini meniarik bagi ayam kampong.

       Pengisian Tempat Makanan dan Frekuensi Pemberian Makan

Berikan makanan secara cukup dan teratur. Tuang makanan tidak melebihi separuh dari wadah makanan karena dapat menyebabkan berceceran dan tumpah. Dengan demikian jatah satu hari pemberian makanan tak boleh sekaligus, melainkan harus diatur hingga sampai empat kali sehari. Keuntungan memberikan makanan dengan cara tersebut adalah.

  • § Menghemat ransum, karena makanan tumpah atau tercecer dapat kita hindari    sedemikian rupa.

  • § Menghindari penumpukan kotoran di kandang ayam potong.

  • § Menambah nafsu makan ayam potong, namun jika diberikan sekaligus maka ayam potong cepat bosan.


Praktek pemberian makanan seperti tersebut diatas seskaligus mengontrol air minum dan keadaan ayam potong.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar